Tips Membeli Handphone Android Bekas

Cek IMEI
Hal petama yang harus diperhatikan ketika membeli HP Android Second adalah IMEI. Pastikan nomor IMEI HP sama dengan nomor IMEI di kardus untuk menghindari barang palsu.
Nomor IMEI dapat dicek dengan mengetik *#06#

Cek Kondisi Fisik Hp dan Baterai
Pastikan HP tersebut mulus tanpa banyak goresan.
Pastikan batereinya original dan tidak mengembung.

Cek Panggilan
Pastikan HP dapat digunakan untuk panggilan keluar dan masuk
Pastikan suara dapat terdengar dengan baik
Pastikan speaker bekerja optimal, pada suara minimum ataupun maksimum

Harga Pasar
Untuk patokan Harga Pasar, Anda dapat melihat di media, lalu samakan dengan harga di toko. Jika harga di toko terlalu mahal dibanding harga di media, maka anda dapat memberi penawaran dengan harga terendah.

Signal
Signal adalah nyawa dari sebuah handphone. Jadi kerusakan penangkap sinyal membutuhkan banyak biaya untuk memperbaikinya.
Tidak jarang penjual mengakalinya dengan cara mengangkat sinyal tersebut untuk sementara waktu lalu di jual.
Untuk mengecek sinyal ini, gunakan kartu SIM yang paling kuat di daerah tersebut, dan jika dalam pengetesan sinyal terlihat naik turun terlalu lama, maka penangkap sinyal tersebut sudah lemah.

Lakukan Pengetesan Sederhana
Bebeapa hal yang harus Anda lakukan ketika membeli hp Android second, ketik kode-kode antara lain:

 *#*#0*#*#* (Untuk memeriksa layar. Setelah menekan kode ini akan muncul beberapa tombol pilihan red, green, blue, receiver (white), vibration (black), dimming, megacam, sensor, touch, sleepmode, speaker, dan sub key)

*#2664# (Kode ini juga untuk memeriksa layar. Setelah menekan kode ini, layar akan berubah menjadi hitam, sentuh layar dan gerak-gerakkan, garis merah akan muncul. Apabila anda menarik garis dan ada yang putus, berarti ada masalah dengan layar ponsel)

*#2663# (Touch screen version. Pada menu ini terdapat info touch screen firmwire version, dan pilihan untuk update secara online. Namun jangan coba-coba klik update touchscreen karena banyak user yang setelah mengklik update touchscreen tiba-tiba layar sentuh tidak berfungsi)

*#0673# (Melody Test. Kode ini untuk memeriksa speaker. Setelah menekan kode ini akan muncul tombol pilihan Speaker_on, Receiver_on, Headset_on Left, Headset_on Right, Receiver_Headset_on Left, Receiver_Headset_on Right, OFF, dan EXIT)

*#0842# (Device test. Kode ini untuk memeriksa kemampuan getaran ponsel. Pada menu ini akan ada beberapa tombol On, Off, Auto untuk mencoba mode getar ponsel)

*#*#4636#*#*
(Testing. Kode in berisi menu informasi ponsel, informasi baterai, menampilkan stastitik penggunaan ponsel dan aplikasi. Juga bisa diketahui informasi tentang WiFi)

*#232337# (Bluetooth test. Setelah memasukkan kode ini akan tampil Bluetooth device address)

*#44336# (Version. Menampilkan informasi versi firmwire ponsel, waktu pembuatan ponsel, dan changelist)

Itulah beberapa langkah yang harus Anda perhatikan saat memutuskan untuk membeli handphone android second

Subscribe to receive free email updates: