Tips Jual Beli Online

Jakarta (Pasutri) - Untuk bertransaksi online, kita harus lebih meluangkan pikiran kita, agar transaksi dapat berjalan lancar. Maraknya toko online, membuat marak pula penipuan via oline, hal ini dikarenakan oleh kekurang pahaman pembeli, cara-cara bertransaksi online secara benar.

Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan, antara lain :

1. Rekomendasi tokoaonline
 Gunakan google atau yahoo untuk mencarinya. Cari rekomendasi mengenai  toko-toko online yang dapat dipercaya.  Untuk lebih aman, usahakan belanja di website toko online yang sudah lama berdiri dan terpercaya.

Jika mau beli dari forum, atau blog, lihatlah jejak rekam si penjual lewat mesin pencari. Jika ada komentar yang mengatakan tidak baik, maka carilah penjual lain, dan jangan ambil resiko.

2. Mencari Produk
Gunakan google atau yahoo untuk mencarinya. Agar kita bisa mendapatkan produk beberapa produk sejenis untuk bahan perbandingan.

3. Memilih Produk
Untuk mendapatkan harga yang termurah dengan kualitas yang sama, bandingkan harga dan kualitas produk dengan situs-situs belanja online lainnya. Pelajari detil spesifikasi dari produknya untuk menghindar dari salah beli produk.

4. Pembayaran
Beberapa metode pembayaran :
- Transfer Bank
- COD (Cash on delivery) / Bayar langsung di tempat pembeli
- rekening bersama / jasa rekening pihak ketiga

Jika menurut Anda penjual kurang meyakinkan, sebaiknya memanfaatkan metode COD, atau memakai rekening bersama dari pengguna forum komunitas seperti Kaskus.

5. Pengiriman Barang
Sebelum transaksi, tanyakan pada penjual, metode pengiriman barang ke alamat Anda. Berikut adalah beberapa cara pengiriman barang :
- Jasa Kurir (TIKI, JNE, Pos Indonesia, dan lain sebagainya)
- Diantar Oleh penjual langsung
- Ambil Sendiri Ke Tempat Penjual

Pilihlah metode pengiriman yang paling sesuai dengan Anda.

Untuk transaksi online, Anda jangan mudah percaya, tetapi jangan malu bertanya kepada teman yang lebih ahli.

Foto : Istimewa
Labels: Tips

Terimakasih sudah membaca Tips Jual Beli Online. Silahkan dibagikan...!

Mengganti Gas dengan Bensin, agar lebih irit

Back To Top